Rabu, 16 Januari 2013

Dalil dan Dasar Bertabaruk dengan Jejak-jejak Nabi dan Sholihin,serta benda-benda peninggalanya


  1. Dari Sahal bin Saad Ra tentang kaian yg ia minta dari Nabi Saw.ia di cemo'oh oleh para sahabat,karena kain itu sedang di pakai Nabi Saw,Sahal Ra berkata:''Aku meminta kain itu kepada beliau hanya untuk kain kafanku nanti.Dalam Satu Riwayat lain di sebutkan:''Saya berharap berkah kain Rasulullah Saw ketika di pakainya,barangkali nanti saya di kafani nya'' ( HR.Al Bukhori dan Muslim)
  2. Sesungguhnya Sayyidah Asma' binti Abu Bakar Assiddiq Ra dalam sebuah hadist berkata:''Ini adalah Jubah Rasulillah Saw'' Kemudian ia mengeluarkan Jubah Kebesaran Qisro/Raja Persia,kemudian ia berkata:''Jubah ini dulu ada pada A'isyah Ra,dan ketika beliau wafat,maka aku merawat Jubah tersebut''.Kami merawat dan membasuhnya dan mengambil air bekas basuhanya untuk mengobati orang-orang sakit,kami memohon kesembuhan melalui Jubah itu''(HR.Imam Muslim)
  3. Dari Abdullah bin Mauhib,ia berkata:''Ibuku mengutusku menghadap Sayyidah Ummu Salamah dgn membawa secawan air.Kemudian Sayyidah Umu Salamah membawa sejenis botol perak yg berisi beberapa rambut Nabi Saw,biasanya jika ada orang terkena 'Ain'atau sesuatu/penyakit,maka di bawa kepada beliau,lalu beliau mencelupkannya kedalam air dan orang tersebut meminumnya.Aku melihat botol perak itu dan aku melihat ada beberapa rambut merah (HR.AL BUKHORI DAN MUSLIM)
  4. Dari Ummu Sulaim ,sesungguhnya ia membuka kotak kecil miliknya,lalu ia menyeka keringat Rasulullah Saw,kemudian memerasnya ke dalam botol-botol,Rasulullah Saw besabda :''Untuk apa wahai Ummu Sulaim?''. Ia menjawab :" Ya Rasulullah ,kami menginginkan barakahnya untuk anak-anak kecil kami''.Beliau besabda:"Benar Kamu..'' (HR.IMAM MUSLIM)
  5. Dari Sayyidina Anas r.a ia berkata:''Saya melihat Rasulullah Saw sedang bercukur,sedang para sahabat mengelilinginya.Mereka tidak mempunya tujuan lain kecuali agar rambut beliau tidak jatuh melainkan ke tangan salah seorang dari mereka'' ( HR.IMAM MUSLIM)
  6. Dari Ja'far bin Muhammad ia berkata:''Ada air mengumpul di kening Nabi Saw.saat mereka memandikan Nabi Saw setelah beliau wafat,dan Sayyidina Ali Kw menghirupnya,yakni ia menghirup air tersebut karena mengambil barokah Rasulullah Saw'' ( HR.IMAM AHMAD)
  7. Dalam Al-Qur'an ,ALLAH Swt berfirman:''Dan Dia menjadikan aku (Nabi Isa As) seorang yg di berkahi dimana saja aku berada'' Qs Maryam ,31
  8. barokah yg terletak di benda,Al Qur'an juga menjelaskan:'' Dan Nabi Mereka berkata: ''Sesungguhnya tandanya akan menjadi Raja adalah kembalinya Tabut (Peti tempat menyimpan Kitab Taurat milik Nabi Musa) kepadamu.yang di dalamnya ada yg menenangkan hati dari Tuhan mu dan sisa peninggalan Keluarga Nabi Musa dan Keluarga Nabi Harun.Peti itu di bawa oleh malaikat''(QS.AL BAQARAH ,248),dalam penjelasan ayat ini Sayyid Muh Bin Alawi Al Maliki mengatakan: '' Kesimpulan ayat diatas,bahwa peti itu milik kaum Bani Israel.Mereka meminta pertolongan kepada Allah melalui peti itu/tawasul dgn Peti itu.,karena memang itu berpengaruh pada mereka,inilah hakikat mengharap barakah(tabarruk) seperti yg kami maksudkan'' (MAFAHIM YAJIBU AN TUSOHAH,153),demikian masih banyak cerita -cerita lainya yg nggak munkin kami muat semua dalam tulisan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar